Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Senin, 11 November 2013

Konsep Kepemimpinan STMJ ala Wiranto




JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengatakan, seorang kandidat calon presiden dan wakil presiden Indonesia harus memiliki konsep kepemimpinan yang jelas. Jika tidak, akan sulit bagi Indonesia untuk dapat unggul dalam persaingan global.

"Ada satu minuman khas Malang yang sangat khas, yaitu STMJ (susu, telur, madu, jahe). Nah seorang calon pemimpin itu juga harus STMJ," kata Wiranto saat berbincang bersama bloger Kompasiana di Hotel All Seasons, Jakarta, Sabtu (9/11/2013).

Konsep STMJ yang dimaksud Wiranto ialah sadar, tahu, mampu, dan jamin.

Pertama, Wiranto menjelaskan, seorang pemimpin harus sadar jika jabatan yang nantinya akan dipegang merupakan amanat dari Tuhan dan merupakan mandat dari masyarakat. Untuk itu, seorang pemimpin haruslah melandasi akhlaknya dengan kemampuan spiritual yang tinggi agar tidak mudah tergoda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kemudian, seorang pemimpin juga harus tahu masalah dan tahu solusinya. Untuk itu, pemimpin harus memiliki pengetahuan untuk dapat mengenali segala permasalahan yang sangat kompleks dan dapat menemukan solusi yang tepat," katanya.

Ketiga, Wiranto mengatakan, seorang pemimpin harus mampu dan mau mengambil peluang yang ada demi mewujudkan kesejahteraan rakyat. Untuk itu, diperlukan pengalaman kepemimpinan yang cukup sehingga dapat menentukan mana yang baik dan benar. Di samping itu, diperlukan juga perilaku terpuji seorang pemimpin agar dapat menjadi panutan bagi masyarakat.

"Terakhir, pemimpin harus dapat memberikan jaminan jika selama memimpin akan dekat, peduli, dan memperjuangkan nasib rakyatnya. Jamin tidak akan berubah menjadi penguasa dan raja kecil yang berjarak," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers